Salah satu kegiatan utama seorang siswa ataupun siswi adalah belajar. Belajar tidak hanya pergi ke sekolah bertemu teman-teman atau tempat bermain namun serangkaian proses yang mana siswa mengalami perubahan tingkah laku dari yang lama menjadi yang baru sebagai akibat dari pengalamannya sendiri selama berinteraksi dengan orang lain, teruama pada Pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, guru dituntut memiliki kreativitas yang andal karena mata pelajaran tersebut sangat penting dan besar manfaatnya, Dengan kreativitas yang andal, diharapkan guru dapat menerapkan strategi atau metode pembelajaran yang tepat sehingga apa yang menjadi bahan pembelajaran akan mudah dipahami dan bermakna bagi siswanya.

Mengutip dari buku Transformasi Keberagamaan Masyarakat Ngadas dan Kebobang Gunung Kawi, Faridilla Anisatus Solikhah, S.Pd.I., M.Pd.I. (2022:14), Pengertian transformasi berasal dari kata trans-for- ma-si yang artinya perubahan atau pengalihan. Secara lebih detail, transformasi adalah perubahan fisik maupun nonfisik (rupa, sifat, dan sebagainya).

Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja. Cerpen juga bisa disebut sebagai fiksi prosa karena cerita yang disuguhkan hanya berfokus pada satu konflik permasalahan yang dialami oleh tokoh mulai dari pengenalah karakter hingga penyelesaian permasalahan yang dialami oleh tokoh. Cerpen juga terdiri tidak lebih dari 10.000 kata saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), puisi adalah ragam sastra yang bahasa terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Jadi, dapat disimpulkan puisi adalah ungkapan pikiran dan perasaan penyair yang dituangkan dengan menggunakan bahasa yang indah serta mengandung makna mendalam.

Karya yang dihasilkan siswa-siswi SMA NEGERI 1 TIRIS ini merupakah kisah mereka sendiri yang di ungkapan dalam transformasi cerpen to puisi. Karya yang bisa menginspirasi siswa-siswa sekolah lain agar lebih suka menulis.

Harapan saya sebagai guru Bahasa Indonesia, “Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi itu, kita sendirilah yang menciptakannya”. – Stephen King ujar bu heny tri sutanti,S.Pd sebagai Guru Bahasa Indonesia di SMA NEGERI 1 TIRIS saat berbincang-bincang dengan bu NINING FEBRIANI VERONIKA sebagai guru pembatu Bahasa Indonesia.

Tugas ini diberikan supaya siswa memahami tentang transformasi cerpen to puisi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu, alhamdulillah siswa kelas XI A ( teknis ) dan XI B ( Kesehatan ) sangat antusias membuat karya tersebut.

One thought on “KARYA TRANSFORMASI CERPEN TO PUISI SMA NEGERI 1 TIRIS”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *