Pada tanggal 20 Mei 2024 – 31 Mei 2024 SMA Negeri 1 Tiris melaksanakan P5 yang merupakan bagian dari kurikulum merdeka dengan tema “BHINNEKA TUNGGAL IKA” yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Makanan Khas Daerah

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Salah satu tema P5 yang dapat dilaksanakan di sekolah selain Suara Demokrasi juga melaksanakan tema Bhineka Tunggal Ika.

Tujuan Kegiatan ini agar peserta didik mampu memahami keberagaman budaya masyarakat Indonesia sehingga akan terbentuk perilaku yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Selain itu peserta didik juga mampu mempelajari pengetahuan dan mengenal lebih dekat keberagaman agama, keyakinan, serta kebudayaan di Indonesia. mewujudkan pelajaran terkait keberagaman Indonesia yang mereka dapat melalui aksi nyata. memahami kebhinekaan dan keberagaman budaya, serta menerapkan sikap menghormati terhadap perbedaan budaya. menanamkan sikap untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan. Memperlakukan setara dan memberikan pertolongan terhadap setiap orang meskipun memiliki budyaa yang berbeda dengan dirinya. memiliki sikap kritis terhadap situasi dan kondisi yang ada serta mampu menentukan solusi terhadap permasalahan yang timbul.

Projek ini diharapkan dapat mengembangkan secara spesifik 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu : Perkembangan dimensi kreatif, Bergotong royong, dan Berkebinekaan Global.

Implementasi tema Bhineka Tunggal Ika kali ini kita wujudkan dalam event “Lomba Fashion Show Baju Adat Daerah, Lagu Daerah, Dialog bahasa daerah, Tarian Daerah dan makanan khas daerah”.

Lagu Daerah

Fashion Show Baju Adat, Tarian Daerah dan Dialog Bahasa Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *