SMA NEGERI 1 TIRIS WAJIBKAN EKSKUL TAHFIDZ QUR’AN ( JUZ ‘AMMA )

kegiatan ekstrakurikuler adalah serangkaian kegiatan tambahan yang dilaksanakan diluar jam mata pelajaran dengan tujuan untuk memperkaya dan memperluas segi potensi minat, bakat dan kemampuan anak didik di selenggarakan oleh pihak sekolah. Terutama ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an karena Al-Qur’an sebagai bukti Allah adanya kebenaran janji Allah lalu diperuntukkan bagi seluruh umat manusia dan petunjuk dalam ibadah serta juga diwajibkan untuk membacanya. Berikut keutamaan menghafal al-Qur’an adalah

  1. Golongan Manusia mulia dan Terbaik
  2. Dikumpulkan bersama para malaikat
  3. Jaminan masuk surga
  4. Mendapatkan Syafaat
  5. Pahala Berlipat Ganda
  6. Keinginan Dikabulkan Allah SWT
  7. Ibarat Rumah yang Indah
  8. Kedudukan yang Tinggi
  9. Membahagiakan Kedua Orang Tua
  10. Punya Cahaya Lebih Indah dari Matahari
  11. Akan Disematkan Mahkota dan Jubah di hari kiamat

Juz ‘Amma adalah juz ke 30 atau terakhir dari kitab suci kita yaitu Al-Qur’an, yang merupakan bagian  paling sering kita dengar dan paling sering kita baca. Ketika kita pertama kali belajar membaca al-Qur-an di masa kecil, hal pertama yang kita pelajari adalah membaca dan menghafal surat-surat pendek yang terdapat di dalam Juz ‘Amma. Juz ‘Amma dapat dikategorikan sebagai juz yang memiliki jumlah surat terbanyak yakni dengan 37 surat. Juz ‘amma dimulai dengan surat An-Naba’ sampai An-Naas.

Kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an di SMA NEGERI 1 TIRIS adalah suatu kegiatan yang awalnya dibentuk oleh bapak Untung Biyono, M.Pd.I pada tahun 2015 dan sampai sekarang ekstra ini masih berjalan 10 tahun dan terdapat HAFIDZ QUR’AN 6 wisudawan dan wisudawati. Ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an ini dilaksanakan setiap hari pulang sekolah dan dilanjutkan hari sabtu dari pagi sampai sore di rumah sutadz masruqi, selaku Pembina ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an dan juga komite sekolah SMA NEGERI 1 TIRIS.

“Ekstrakurikuler ini bertujuan untuk mendidik, membimbing serta membina siswa agar terciptanya siswa yang unggul, religius dan hafidzul qur’an”. Ujar bapak Untung Biyono, M.Pd.I pada saat menjadi kepala sekolah SMA NEGERI 1 TIRIS .

Tujuan dibentuknya kegiatan ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an yakni, siswa dapat memahami dan mengetahui arti penting dari kemampuan dalam menghafal Al-Qur’an, siswa dapat terampil menghafal ayat-ayat atau surat_surat tertentu dalam juz‘amma, siswa dapat membiasakan menghafal Al_Qur’an lalu melafadzkannya ayat-ayat tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

Secara umum yang menjadi binaan dalam kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Qur’an juz 30. Juz ‘amma itu dibagi menjadi  3 tahapan yaitu :

  1. Kelas X                  : 20 surah
  2. Kelas XI                 : 30 surah
  3. Kelas XII               : 37 Surah

Namun, Ketika siswa-siswi SMA NEGERI 1 TIRIS sudah selesai menghafal juz 30 akan dilanjutkan munjiyat yang terdiri dari 11 surah yaitu :

  1. As-Sajdah
  2. Ya sin
  3. Ad-Dukhan
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Waqi’ah
  6. Al-Hasyr
  7. Al-Jumu’ah
  8. Al-Munafiqun
  9. Al-Mulk
  10. Al-Qiyamah
  11. Al-Insan

Tidak sampai disitu, siswa-siswi SMA NEGERI 1 TIRIS masih semangat tahfidzul qur’an dilanjutkan dengan 1 juz sampai 10 juz. Hingga saat ini siswa-siswi SMA NEGERI 1 TIRIS terbanyak hafalan 8 juz selama 3 tahun. Barakallah

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, menurut ustadz masruqi dan ustadzah nining , (selaku Pembina dan pendamping ), menjelaskan bahwa metode yang digunakan adalah: Hafalan (Wahdah), Kitabah (Menulis), Talqin (Menirukan Bacaan), Tasmi’(Mendengarkan), dan Muraja’ah (Pengulangan).

“Ekstrakurikuler ini butuh ketelatenan dan kesabaran karena membiasakan siswa-siswi SMA NEGERI 1 TIRIS agar selalu membaca al-Qur’an, Lelah, capek, letih tidak jadi penghalang dalam mendampingi siswa Ketika melihat mereka mencapai juz ‘amma serasa rasa tersebut hilang dengan melihat kebahagiaan mereka”. Ujar Nining Febriani Veronika, S.Pd.I.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *